Video Klip Raisa dengan Teknologi 4K dari Canon
Jakarta | 24 Apr 2014


Canon kembali menunjukkan dukungannya terhadap industri seni dan kreatif di Indonesia. Kali ini, melalui pt. Datascrip turut mendukung pembuatan video klip beresolusi 4K dari seorang penyanyi muda, Raisa berjudul “LDR” (Long Distance Relationship) yang diambil dari album keduanya berjudul Heart to Heart. Video klip “LDR” ini disutradarai oleh Candi Soeleman yang sebelumnya pernah menyutradarai video klip Raisa berjudul “Pemeran Utama” dan “Terjebak Nostalgia”.

Pengambilan semua adegan di dalam video klip musik “LDR” menggunakan kamera Canon EOS 1DC yang mampu menghasilkan video beresolusi hingga 4K (4096 x 2160 pixels). Dengan resolusi yang dihasilkan mencapai 8 juta pixels (8 MP), kualitas video klip ini tentu saja dihiasi dengan detail dan warna tajam yang sesuai warna aslinya. Resolusi 4K lebih tajam 4x lipat dari resolusi yang dihasilkan oleh video Full HD yang hanya mencapai 1920x1080p.

Dari segi desain, Canon EOS 1DC dirancang dalam bentuk kamera DSLR profesional berteknologi EOS Cinema System. Bobotnya yang hanya sekitar 1355 gram memberikan mobilitas tinggi pada saat syuting video kapan saja dan di mana saja. Hal ini dibuktikan pada saat proses syuting video klip Raisa “LDR” di Korea Selatan hanya melibatkan tiga orang saja.

Pengguna Canon EOS 1DC tidak membutuhkan perangkat recorder tambahan untuk menyimpan video berformat 4K, melainkan hanya membutuhkan media penyimpanan berupa Compact Flash berkecepatan tinggi. Sehingga proses paska produksi menjadi lebih cepat dan efisien. Hasil rekaman video 4K dengan kamera EOS 1DC tidak hanya dapat dinikmati di layar lebar maupun TV yang mendukung 4K, melainkan sudah bisa dinikmati pula di situs berbagi video, seperti YouTube.

“Canon EOS 1DC ini adalah kamera jenius. Fitur Canon Log yang ada di dalamnya sangat membantu pada saat proses editing video karena saya tidak perlu lagi melakukan pengaturan apapun di kamera untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Hal ini tentu saja bisa membantu menekan biaya produksi dalam pembuatan video klip menjadi lebih hemat dan efisien. Terlebih berkat dukungan EF Cinema Lens yang lengkap memungkinkan saya untuk mendapatkan tampilan video sesuai dengan yang saya inginkan”, ujar Candi Soeleman, Sutradara Video Klip “LDR”.

Canon yang selama ini telah dikenal unggul dengan teknologi lensa fotografinya, juga mampu menghasilkan video yang memukau. Jajaran Canon EF Cinema Lens sudah dilengkapi dengan kaca dispersi anomali yang mampu menghilangkan chromatic aberration dan terdapat juga lensa Aspherical berdiameter besar untuk pencitraan resolusi tinggi sepanjang frame. Lensa sinema dari Canon menjadi kian menarik karena dilengkapi dengan diafragma II-blade Aperture yang baru dirancang untuk memberikan efek soft hingga blur dan membuat karakteristik depth of field yang menarik,  sangat ideal dalam memunculkan emosi gambar secara dramatis.

“Canon selalu berupaya memberikan dukungan untuk kemajuan industri musik maupun perfilman di Indonesia. Kali ini melalui pembuatan video klip musik  Raisa berjudul LDR yang menggunakan kamera Canon beresolusi 4K, tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Canon akan terus  menghadirkan jajaran kamera yang dapat menjawab kebutuhan para sineas di era digital”, ujar Merry Harun - Canon Division Director, pt. Datascrip.

Selain Canon EOS 1DC, Canon melalui pt. Datascrip sebagai distributor tunggal pencitraan digital di Indonesia menghadirkan jajaran Cinema Canon EOS lainnya, yakni EOS C500, EOS C300 dan EOS C100. Tidak hanya untuk membuat film layar lebar, Cinema Canon EOS bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti industri penyiaran, dokumentasi event, sineas film pendek, pembuatan video klip musik, pembuatan TVC dan masih banyak lagi.

Jakarta | 24 Apr 2014
Video Klip Raisa dengan Teknologi 4K dari Canon
Canon kembali menunjukkan dukungannya terhadap industri seni dan kreatif di Indonesia. Kali ini, melalui pt. Datascrip
Solo | 16 Apr 2014
Canon Meraih Solo Best Brand Index & Jogja Best Brand Index 2014
Canon berhasil memboyong tiga penghargaan dalam Solo Best Brand Index – Jogja Best Brand Index (SBBI-JBBI)
Jakarta | 27 Feb 2014
Peluncuran Canon PowerShot dan IXUS Terbaru serta Canon iMage Gateaway
Mengawali tahun 2014 ini, Canon melalui pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya
Jakarta | 18 Feb 2014
Kenyamanan nan Elegan dari Living Divani
Perusahaan furnitur eksklusif asal Italia, Living Divani menghadirkan koleksi-koleksi menawannya melalui showroom vastuhome. Produk-produk tersebut meliputi
Jakarta | 11 Dec 2013
PaperOne Raih Best Choice Award 2013
PaperOne melalui pt. Datascrip sebagai distributor resmi di Indonesia meraih Best Choice Award 2013 untuk kategori
Jakarta | 09 Dec 2013
Kamera Canon Berhasil Raih Best Choice Award 2103
Canon melalui pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia meraih Best Choice Award